2 Cara untuk Meningkatkan Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10 (GUI dan Terminal)


Ubuntu 20.10, Nama kode Gerilyawan yang asyik, Akan dirilis pada 22 Oktober 2020. Tutorial ini akan menunjukkan 2 cara Tingkatkan Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10. Metode pertama menggunakan manajer pembaruan grafis dan metode kedua menggunakan baris perintah. Biasanya, Anda menggunakan manajer pembaruan grafis untuk memutakhirkan desktop Ubuntu Anda dan menggunakan baris perintah untuk memutakhirkan server Ubuntu Anda, tetapi metode baris perintah juga berfungsi untuk desktop. Adalah.


Perhatikan bahwa Ubuntu 20.04 adalah rilis dukungan jangka panjang (LTS), yang akan didukung selama 5 tahun. Ubuntu 20.10 adalah rilis non-LTS, Artinya hanya akan didukung selama 9 bulan, hingga Juli 2021. Jika Anda lebih suka stabilitas di tepi berdarah, tetap gunakan Ubuntu 20.04. Tetapi jika Anda sebaliknya, Anda dapat mengikuti tutorial ini untuk memutakhirkan dari Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10.


Fitur Baru Ubuntu 20.10


  • Kernel Linux 5.8. Anda juga akan mendapatkan fitur baru dari Kernel 5.5, 5.6, dan 5.7, termasuk dukungan penuh untuk berbagi folder kotak virtual, dukungan Thunderbolt 3 dan USB4, Apple USB Fast Charge, EFI Mixed Mode Booting, Sebelumnya, Optimasi file flash adalah sistem file yang memungkinkan ukuran file melebihi ini. 4 GB.

  • GNOME 3.38

  • Berbagi hotspot WiFi dengan kode QR

  • Login sidik jari Jika komputer Anda memiliki pembaca sidik jari, ini memungkinkan Anda untuk membuka kunci dan masuk dengan jari Anda.

  • Pemasang UBVT sekarang Direktori Aktif (AD) Integrasi

  • Pengguliran bidang sentuh presisi tinggi di Firefox 81.

  • Thunderbird 78, sekarang dibuat Kalender Dan Buka PGP Dukungan enkripsi.

  • Ingenix 1.18, PHP 7.4, Ruby 2.7, Python 3.8 dan 3.9, OpenJDK 8, 11, 13, 14, dan 15.

Catatan: Sebelum meningkatkan, Anda dapat menggunakan program sistematis untuk membuat citra ISO yang dapat di-boot dari OS Anda yang ada. Jika pemutakhiran gagal, Anda dapat dengan mudah memulihkan OS Anda dengan ISO yang dapat di-boot. Semua yang ada di OS Anda, termasuk perangkat lunak dan file, akan tetap utuh. Jika Anda menggunakan laptop, hubungkan sumber listrik Anda.


Tingkatkan Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10 dengan Graphical Update Manager


Pertama, buka software updater (Aka Update Manager) dari menu Aplikasi Anda. Perangkat lunak ini akan memperbarui informasi paket. Jika pembaruan tersedia, klik Install Now Masukkan kata sandi Anda untuk memasang tombol dan pembaruan.


Tingkatkan versi dari Ubuntu -20.04 ke Ubuntu -20.10


Jika versi terbaru dari kernel Linux diinstal, Manajer Pembaruan akan meminta Anda untuk memulai ulang komputer Anda. Klik Restart Now.


Tingkatkan dari Ubuntu 18.04 ke Ubuntu 18.10


Lalu buka Software & Updates Dari menu aplikasi Anda


Perbarui Ubuntu 18.04 ke Ubuntu 18.10


Pilih Updates Tab dan kemudian di bagian bawah jendela, ubah pengaturan notifikasi For long-term support version Melakukan For any new version. Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Anda agar perubahan diterapkan. Kemudian tutup jendela ini.


Perangkat lunak dan pembaruan untuk versi baru apa pun


Selanjutnya, buka jendela terminal dan berikan perintah berikut di terminal.


update-manager

Setelah memeriksa pembaruan, Manajer Pembaruan akan memberi tahu Anda bahwa Ubuntu 20.10 sekarang tersedia. Klik Upgrade Tombol


Ubuntu 20.10 sekarang tersedia



Kemudian masukkan kata sandi Anda. Jendela Catatan Rilis muncul. Klik Meningkatkan.


Ubuntu mengeluarkan catatan 'Groove Guerrilla'


Jendela peningkatan distribusi akan terbuka. Jika Anda diberi tahu bahwa beberapa sumber pihak ketiga tidak aktif, terima. Anda dapat mengaktifkannya kembali setelah peningkatan selesai. (Jendela mengatakan "Mengupgrade ke Ubuntu ke versi 20.04". Sebenarnya, itu meningkatkan ke Ubuntu ke versi 20.10.)


Upgrade - dari Ubuntu ke versi -20.10


Dalam beberapa saat, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memulai peningkatan. Klik Start Upgrade Tombol


Mulai peningkatan


Tunggu hingga peningkatan selesai. Manajer pembaruan mungkin menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan layanan selama peningkatan paket tanpa diminta. Periksa dan klik di atasnya Next Tombol


Mulai ulang layanan selama peningkatan paket tanpa bertanya


Setelah versi baru dari paket diinstal, manajer pembaruan mungkin bertanya apakah Anda ingin menghapus paket yang sudah usang. Saya selalu memilih Remove.


Singkirkan paket usang


Paket usang adalah paket perangkat lunak yang namanya tidak dapat ditemukan di gudang perangkat lunak Rilis Ubuntu yang baru. Alasan paket usang adalah sebagai berikut.


  • Pengembang hulu berhenti memelihara paket ini dan tidak ada orang lain yang siap untuk mengambil alih. Oleh karena itu, pengelola paket Ubuntu memutuskan untuk menghapus paket ini dari repositori Ubuntu.

  • Paket ini menjadi paket yatim piatu, yang berarti tidak ada paket lain yang bergantung padanya dan pengguna paket ini sangat sedikit. Oleh karena itu, pengelola paket Ubuntu memutuskan untuk menghapus paket ini dari repositori Ubuntu.

  • Paket tersebut memiliki nama baru di repositori perangkat lunak Ubuntu yang baru dirilis.

Setelah menghapus paket usang dari sistem Anda. Restart komputer Anda dan periksa versi Ubuntu Anda dengan perintah berikut.


lsb_release -a

Keluaran:


No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description: Ubuntu 20.10
Release: 20.10
Codename: groovy

Tingkatkan versi dari Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10 menggunakan baris perintah


Anda dapat menggunakan baris perintah untuk memutakhirkan desktop Ubuntu atau server tanpa kepala. Jika Anda menggunakan SSH untuk masuk ke server Ubuntu Anda, yang terbaik adalah menjaga sesi OpenSH Anda tetap hidup dengan menambahkan baris berikut. /etc/ssh/sshd_config File di server Anda


ClientAliveInterval 60

Simpan dan tutup file. Kemudian mulai ulang daemon SSH.


sudo systemctl restart ssh

Untuk memutakhirkan ke Ubuntu 20.10, pertama-tama jalankan perintah berikut untuk memperbarui paket perangkat lunak yang ada.


sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

Harap dicatat bahwa jika kernel baru diinstal saat menjalankan perintah di atas, Anda perlu memulai ulang sistem (sudo shutdown -r now) Untuk melanjutkan proses peningkatan.


Tingkatkan Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10


Kemudian pastikan Anda memilikinya update-manager-core Paket terpasang.


sudo apt install update-manager-core

Selanjutnya, edit /etc/update-manager/release-upgrades Seperti file editor teks baris perintah Nano.


sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Ubah nilai isyarat dari lts Melakukan normal.


Ubuntu 20.10 langsung normal


Tekan Untuk untuk menyimpan file di Nano Text Editor Ctrl+O, Lalu tekan Enter untuk mengkonfirmasi. Untuk keluar, tekan Ctrl+X. Selanjutnya, jalankan perintah berikut untuk memulai proses peningkatan.


do-release-upgrade

Kemudian ikuti petunjuk di layar untuk meningkatkan ke Ubuntu 20.10. Pada dasarnya, Anda perlu menekan y Untuk menjawab pertanyaan.


Tingkatkan Ubuntu 20.04 dari baris perintah ke Ubuntu 20.10


Manajer pembaruan mungkin menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan layanan selama peningkatan paket tanpa diminta. Tekan tombol tab untuk memilih Iya Dan tekan Memasukkan.


Tanyakan tanpa harus memulai ulang layanan selama peningkatan paket


Jika Anda mengupgrade server, Anda akan melihat pesan berikut. Saya sarankan memilih N Untuk mempertahankan versi Anda saat ini Versi terbaru akan tersedia di direktori yang sama. Anda bisa menontonnya nanti.


Distributor paket telah mengirimkan versi terbaru


Setelah pemutakhiran selesai, mulai ulang desktop atau server Ubuntu Anda. Untuk memeriksa versi Ubuntu Anda, jalankan:


lsb_release -a

Keluaran:


No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description: Ubuntu 20.10
Release: 20.10
Codename: groovy

Cara mengaktifkan kembali simpanan pihak ketiga


Jelaskan cadangan pihak ketiga .list Di bawah file /etc/apt/sources.list.d/ Direktori Pertama, aktifkan kembali cache pihak ketiga dari perintah berikut, yang akan menghapusnya # Karakter di baris yang dimulai deb.


sudo sed -i '/deb/s/^#//g' /etc/apt/sources.list.d/*.list

Kemudian ubah semua acara focal Melakukan groovy.


sudo sed -i 's/focal/groovy/g' /etc/apt/sources.list.d/*.list

Perbarui indeks repositori paket.


sudo apt update

Beberapa repositori pihak ketiga tidak memiliki akses ke Ubuntu 20.10, jadi Anda mungkin akan melihat kesalahan:


E: The repository 'http://linux.dropbox.com/ubuntu focal Release' does not have a Release file.
N: Updating from such a repository can't be done securely, and is therefore disabled by default.
N: See apt-secure(8) manpage for repository creation and user configuration details.

Anda perlu mengedit file yang disimpan ini satu per satu dan menonaktifkannya. Misalnya, saya mengedit file registri Dropbox.


sudo nano /etc/apt/sources.list.d/dropbox.list

Nonaktifkan penyimpanan ini dengan menambahkan ory # Peran di awal baris


# deb [arch=i386,amd64] http://linux.dropbox.com/ubuntu focal main # disabled on upgrade to focal

Simpan dan tutup file. Anda harus menunggu repositori ini menambahkan dukungan untuk Ubuntu 20.10. Beberapa paket perangkat lunak di repositori pihak ketiga dapat ditambahkan ke 20.10. Misalnya, Ubuntu 20.10 berisi penyimpanan nextcloud-desktop Paket, jadi saya tidak perlu NextCloud PPA lagi. Saya dapat menghapus PPA cloud berikutnya.


sudo rm /etc/apt/sources.list.d/nextcloud-client.list*

Selesaikan itu


itu dia! Saya harap tutorial ini membantu Anda meningkatkan dari Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 20.10. Seperti biasa, jika Anda menemukan posting ini berguna, berlangganan buletin gratis kami untuk mendapatkan tutorial baru. Hati hati


Beri nilai tutorial ini

[Total: 1 Average: 5]


Related Posts

There is no other posts in this category.

Subscribe Our Newsletter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel